9 Hal Yang Menyebabkan Anda Sulit Tidur Nyenyak di Malam Hari

9 Hal Yang Perlu Anda Waspadai Agar Dapat Tidur Nyenyak di Malam Hari

Berikut adalah 9  alasan mengapa Anda merasa mengantuk, ditambah bagaimana cara memperbaikinya.

Jika Anda secara teratur merasa kelelahan di sore hari, Anda mungkin tidak mendapatkan cukup tidur, menurut John Garcia, MD, spesialis tidur di Gillette Children’s Specialty Healthcare di St. Paul, Minnesota.

Kurang tidur bisa berbahaya: orang yang kelelahan lebih cenderung mengalami kecelakaan mobil, dan kelelahan kronis dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk mengidap diabetes dan hipertensi.

Berikut adalah hal-hal paling umum yang dapat mengganggu tidur Anda  :

1. Konsumsi Kafein Terlalu Dekat Dengan Waktu Tidur

Minuman berkafein seperti kopi dapat menstimulasi metabolisme Anda (meskipun hanya sementara) dengan memblokir zat kimia tubuh yang menginduksi tidur dan meningkatkan produksi adrenalin. Namun, kafein tetap dalam tubuh hingga 12 jam dan dapat menyebabkan insomnia.

Untuk menghindari efek ini, Dr Garcia menyarankan memotong kafein dari diet Anda. “Tidak ada bukti bahwa setiap jumlah kafein baik untuk Anda,” katanya. Jika Anda seorang pecandu kopi, cobalah beralih ke kopi tanpa kafein (yang masih memiliki beberapa kafein).

2. Sleep Apnea

Gangguan ini, yang menyebabkan orang untuk sejenak berhenti bernapas selama tidur, dapat mengganggu tidur nyenyak, sehingga Anda merasa lelah hari berikutnya. Sleep apnea biasanya terjadi ketika saluran napas seseorang menjadi terhambat saat tidur, yang disebut Obstructive Sleep Apnea (OSA), dan dapat menyebabkan mendengkur keras.

Jika pasangan Anda memberitahu Anda bahwa Anda memiliki masalah mendengkur, konsultasikan dengan dokter Anda. Untuk orang dengan OSA,alangkah lebih baiknya untuk segera mengkonsultasikan dengan dokter untuk mencegah nafas tersedak ketika tidur yang dapat membayahakan nyawa.

3. Membuat Kamar Tidur Anda Sebagai Kantor Anda

Menggunakan tempat tidur Anda sebagai tempat untuk bekerja atau makan dapat menyebabkan Anda mengasosiasikannya dengan tugas-tugas yang pada akhirnya dapat menyebabkan sulit tidur. Saat itulah pengobatan yang disebut “pembatasan tidur” dapat membantu. “Anda memotong semua kegiatan tersebut, dan kemudian kembali mengasosiasikan tempat tidur dengan tidur,” kata Garcia. “Ini salah satu perawatan yang paling efektif untuk insomnia.”

4. Overstimulasi

Membaca konten yang menarik di Web atau menonton program TV yang menarik tepat sebelum tidur dapat membuat Anda terjaga dengan cara merangsang pikiran Anda. Bahkan cahaya terang yang dipancarkan dari televisi atau komputer dapat mengacaukan tidur Anda. Matikan elektronik Anda beberapa jam sebelum tidur untuk memastikan mereka tidak merusak istirahat Anda. Berikan kesempatan pada otak Anda untuk rileks sebelum tidur.

5. Masalah Kesehatan Lainnya

Kondisi seperti kecemasan dan alergi juga dapat menyebabkan insomnia atau mengurangi kualitas tidur. Mengobati akar masalah sering merupakan cara terbaik untuk merawat gangguan tidur, Garcia mengatakan. Kecemasan sering dapat diobati dengan resep “Selective Serotonin Reuptake Inhibitor” (SSRI). Pengobatan untuk alergi tergantung pada sumber reaksi alergi. Bicaralah dengan dokter Anda jika gejala alergi Anda mempengaruhi tidur Anda.

6. Bekerja Shift Malam

Jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk bekerja sepanjang malam (begadang), Anda mungkin tidak mendapatkan tidur nyenyak yang Anda butuhkan karena tubuh cenderung tidur lebih tidak nyenyak pada siang hari.

Untuk mengatasinya, cobalah meniru kondisi malam hari saat Anda tidur. Misalnya dengan membuat kamar Anda gelap dan tenang. Anda juga dapat menggunakan masker mata dan penyumbat telinga .

7. Tidur Terlalu Panjang Pada Akhir Pekan

Setelah mungkin selama seminggu Anda disibukkan dengan berbagai aktivitas yang menyebabkan Anda kurang tidur, menghabiskan tidur sangat panjang selama akhir pekan  mungkin tampak seperti obat penawar yang sempurna. Tapi tidur terlalu panjang dapat mengganggu  siklus tidur-bangun Anda.

Untuk siklus tidur dan bangun yang ideal, usahakan untuk pergi ke tempat tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan pada akhir pekan.

8. Berolah Raga Terlalu Dekat Dengan Waktu Tidur

Berolah raga  di pagi atau sore hari akan membantu Anda tidur lebih baik di malam hari. Tetapi sebaliknya berolah raga terlalu dekat dengan waktu tidur, malah akan membuat Anda sulit tidur yang disebabkan karena kenaikan suhu tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari olah raga Anda terhadap kualitas tidur, upayakan untuk menyelesaikan sesi olah raga Anda selambat-lambatnya 3 jam sebelum Anda tidur.

9. Kualitas Tempat Tidur Yang Buruk

Tempat tidur merupakan fasilitas penunjang yang teramat penting untuk tidur Anda. Secara jangka panjang kualitas kasur Anda sangat mempengaruhi kesehatan Anda,  KARENA matras / spring bed memiliki dampak secara langsung terhadap posisi tulang belakang dan absorpsi titik-titik tekan pada seluruh permukaan tubuh ketika Anda tidur.

Semakin baik kasur atau alas tidur Anda maka akan semakin baik pula kualitas tidur dan kesehatan Anda.

( Source : harga-springbed.info , everydayhealth.com )

Product Review :

Lihat juga review kami mengenai produk matras spring bed terbaik di Indonesia untuk membantu Anda memilih produk yang paling sesuai :

Airland 505

Gambar Foto Airland 505 dan Harganya

King Koil Chiropractor Endorsed

Gambar Foto King Koil Chiropractor Endorsed dan Harganya

Florence San Pietro

Gambar Foto Springbed Florence San Pietro dan Harganya