The Dream Diet : Losing Weight While You Sleep

Tips Turun Berat Badan

The Dream Diet : Losing Weight While You Sleep

Turun berat badan selagi Anda tidur ? Kedengarannya too good to be true. Tetapi meskipun demikian, bukti medis telah secara substantial membuktikan kaitan yang erat antara tidur dan berat badan. Para peneliti mengatakan bahwa berapa banyak Anda tidur,dan bagaimana kualitas tidur Anda secara diam-diam memiliki kontribusi terhadap aktivitas hormon Anda yang mengatur nafsu makan.

Menurut David Rapoport, MD., Professor dan Direktur dari Sleep Medicine Program di New York University School of Medicine, kota New York, ” Salah satu ide menarik yang saat ini mulai mendapat banyak perhatian adalah adanya fakta bahwa tidur dan gangguan tidur dapat menyebabkan dampak yang besar terhadap tubuh, termasuk memperbesar kemungkinan naiknya berat badan.”

Selama ini para dokter telah mengetahui bahwa banyak hormon yang terpengaruh dengan tidur. Tetapi penemuan akhir-akhir yang semakin menguatkan bukti adanya kaitan antara nafsu makan dengan tidur, yaitu sejak adanya penelitian terhadap hormon leptin dan ghrelin. Secara mudah, mungkin Anda pernah merasakan ketika ANda kurang tidur dan keesokan harinya tidak peduli seberapa banyak makanan yang Anda makan, tetapi tetap saja Anda merasa lapar. Apabila Anda pernah mengalami pengalaman seperti itu, maka Anda sedang mengalami pengaruh hormon leptin dan ghrelin yang bekerja pada tubuh Anda.

Bagaimana Keseimbangan Hormon Dipengaruhi Oleh Tidur

Leptin dan ghrelin bekerja sebagai penyeimbang antara satu dengan yang lainnya. Ghrelin berfungsi untuk menstimulasi rasa lapar, sedangkan leptin bertugas untuk mengirim sinyal kepada otak bahwa Anda telah kenyang.

Lalu apa kaitannya dengan tidur ? Ketika Anda tidak mendapatkan cukup tidur, tubuh Anda mengurangi kadar leptin dan meningkatkan kadar ghrelin. Artinya Anda akan lebih cepat merasa lapar dan lebih sulit untuk merasa kenyang. Keadaan ini akan meningkatkan resiko untuk makan berlebih yang tentunya akan mengakibatkan kenaikan berat badan.

—- Kesimpulannya : ketika Anda kurang tidur, Anda akan cenderung untuk makan berlebih, yang diakibatkan oleh kadar hormon ghrelin dan leptin yang tidak seimbang. Dan ketika Anda kurang tidur Anda juga akan cenderung untuk mengurangi aktiivitas fisik karena merasa letih. Kombinasi antara makan kalori berlebih dan aktivitas fisik yang kurang merupakan faktor utama dalam meningkatnya berat badan. ——

Hasil Studi : Mereka Yang Tidur Lebih Sedikit Biasanya Memiliki Kelebihan Berat Badan

Bagaimana hormon leptin dan ghrelin mengatur tingkat nafsu makan dan rasa kenyang baru-baru ini diteliti dalam dua penelitian yang dilakukan di University of Chicago, Illinois, dan Stanford University, Califronia.

Chicago Studi

Pada studi di Chicago, para dokter mengukur kadar leptin dan ghrelin pada 12 pria normal/sehat. Dan pada saat yang bersamaan mencatat tingkat rasa lapar dan nafsu makan. Setelah itu para subjek test ini diminta untuk kurang tidur selama 2 hari berturut-turut dan diikiuti dengan tidur yang cukup selama 2 hari pula. Pada waktu ini dokter tetap mencatat tingkat hormon, nafsu makan dan aktivitas para subjek tes.

Hasilnya ? Ketika mendapatkan pembatasan tidur (kurang tidur), kadar leptin menurun dan kadar ghrelin meningkat. Tidak mengejutkan juga bahwa tingkat nafsu makan mereka meningkat secara proporsional. Keinginan untuk mengkonsumsi makanan berkarbohidrat dan makanan yang tinggi kalori meningkat sebanyak 45%.

Stanford Studi

Studi ini merupakan gabungan studi antara Standford dan Universitas Wisconsin. Sekitar 1000 sukarelawan melaporkan berapa lama mereka tidur setiap malam. Para dokter lalu mengukur level ghrelin dan leptin, disertai dengan berat badan mereka.

Hasilnya ? Mereka yang memiliki kebiasaan untuk tidur kurang dari 8 jam setiap malam memiliki kadar leptin yang rendah dan kadar ghrelin yang tinggi, PLUS mereka juga memiliki jumlah lemak yang lebih banyak ( higher level of body fat ). Jumlah atau kadar lemak dalam tubuh seseorang memiliki korelaso dengan pola tidur orang tersebut.

Tidur Cukup = Sukses Menurunkan Berat Badan

Memang masih banyak yang perlu diketahui oleh dokter, tetapi sementara itu para ahli setuju bahwa apabila Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, tidur yang cukup dapat menunjang kesuksesan diet Anda. Anda akan memiliki nafsu makan yang lebih terkontrol dan tingkat rasa lapar yang lebih rendah.

Source : www.webmd.com

“Good Mattress = Good Sleep = Good Life “

Berbicara mengenai tidur, pilih tempat tidur yang dapat menunjang Anda tidur Anda. Saat ini teknologi yang diterapkan pada produk tempat tidur dan spring bed sudah demikian canggih. Gunanya adalah untuk memastikan Anda tidur dengan nyaman dan sehat.

KLIK Disini Untuk Melihat Spring Bed Kesehatan dari Airland 

KLIk Disini Untuk Melihat Spring Bed Kesehatan dari SERTA

atau

KLIK Disini Untuk Melihat Penawaran Menarik Kami Lainnya